Peran Pesantren di Era Modern - AL-MA'UNAH KEPUH

KEPUH - PALIMANAN - CIREBON

Jl. Ki Ageng Tepak Ds. Kepuh Kec. Palimanan Kab. Cirebon Kode Pos 45161 Telp. (0231) 341780

test

Sabtu, 03 Februari 2018

Peran Pesantren di Era Modern



Kunjungan KAPOLRES Cirebon di PP Al-Ma'unah Kepuh


    Jauh sebelum masa kemerdekaan, pendidikan beraroma pesantren sudah banyak bermunculan. Setelah didirikan oleh para waliyullah dengan nama berbeda- beda. Namun, dengan maksud dan  tujuan yang sama.

    Pondok pesantren disebut telah menjadi sistem pendidikan nusantara dan pengkajian yang lebih kongkret. Untuk itu sangat besar kemungkinan pesantren berperan sebagai wadah penempaan akhlak mulia. Sehingga pesantren dapat disebut basis pertahanan moral anak bagi agama dan bangsa pada masa-masa kritis. Pendidkan di lembaga ini kelak sangat membantu di tengah derasnya arus modernisasi yang serba permisif dan hedonis.

    Disini para santri didik menjadi pelajar sejati. Karena proses belajar telah menjadi suatu sikap yang melekat pada diri seorang santri. Sesuatu yang di kerjakan terus menerus disadari atau tidak, akan menumbuhkan sebuah keterampilan pada sebagian orang. Bahkan santri akan terbiasa menjalankan pembelajaran yang bersifat monoton.

    Menumbuhkan keterampilan ini ditanamkan di pesantren melalui berbagai cara. Mulai dari segi formal,pengarahan,bimbingan,pelatihan bahkan terkadang juga dengan pemaksaan.


Prosesi Khotmil Qur'an

    Lembaga ini jelas sangat berpengaruh untuk mempertahankan moral anak bangsa dari maraknya budaya kebarat-baratan, pornografi, seks bebas dan beberapa perilaku penyimpang lainnya.

   Pesantren juga berusaha mendidik para santri agar bisa lebih mengetahui berbagai macam fan ilmu  dengan matang. Kemudian mereka dapat mengajarkannya pada masyarakat.

    Namun yang memprihatinkan, masih ada saja beberapa orang tua yang belum menyadari pentingnya pendidikan di pesantren. Mereka beranggapan bahwa pendidikan non-pesantren lebih menjamin masa depan anaknya.

Kegiatan PHBI PP Al-Ma'unah Kepuh


    Sebagai orang tua harus yakin bahwa hanya pendidikan pesantrenalah yang lebih baik untuk menggalih ilmu dan akhlak. Dan para orang tua harus ikhlas melepaskan anaknya untuk menimba ilmu di pesantren.

’SENGSARALAH SEKARANG JANGAN SAMPAI SENGSARA DIKEMUDIAN HARI ‘’


Penulis : Junainatun Nisa 
Editor : Rahmat Mahfudz 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar